Saturday, June 18, 2016

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Penulis


Apakah anda penulis?
Kira-kira kesalahan apa yang sering dilakukan?

            Ketika ditanya demikian terkadang kita bingung menjawabnya. Karena kita pun kadang tidak menyadari kesalahan yang kita lakukan dalam proses menulis. Kesalahan menulis bukan hanya dalam penulisan EYD, typo ataupun pemilihan diksi.
            Ternyata ada kesalahan tak tampak yang sering dilakukan oleh para penulis. Namun, justru kesalahan ini yang  menjadikan penulis tidak menemukan kesuksesan dalam dunia menulisnya. Jadi penasaran kan kesalahan apa yang sering dilakukan penulis?
1.      Menulis jika memiliki waktu luang saja
Menunggu waktu luang seperti menunggu datangnya pelangi. Jika pun ada kita kadang mengalokasikan untuk kegiatan lain. Maka jangan pernah menulis ketika menunggu waktu luang saja. Luangkanlah waktu untuk menulis setiap harinya walaupun hanya satu paragraf.
2.      Menulis ingin mendapat pujian
Setelah selesai menulis kemudian kita publikasikan tulisannya. Namun, hanya satu atau dua orang yang like atau komen tulisan kita. Kita merasa tak banyak yang memuji tulisan kita akhirnya kita berhenti menulis. Maka kita menulis hanya berharap sebuah pujian?
Dikala orang lain tidak memuji maka kita jera menulis lagi.
3.      Tidak percaya diri dengan tulisan sendiri
Sudah menulis namun masih tidak percaya diri dengan tulisan sendiri. Akhirnya kita selalu berpikir bahwa tulisan kita tak pernah bagus. Tanamkan dalam diri bahwa untuk mendapat tulisan terbaik membutuhkan proses. Mulailah hargai proses dan  menilai positif terhadap karya kita.  
4.      Tidak menyelipkan amanah atau kebaikan dalam tulisan
Jangan hanya menulis dari awal hingga akhir tanpa ruh. Artinya sebuah tulisan yang hanya berisi kumpulan kata dan informasi. Tanpa terselip ilmu, amanah atau nasehat di dalamnya.
5.      Mulai menulis ketika deadline sudah dekat
Ini dia yang sering dilakukan penulis. Sistem kebut semalam untuk menulis karena deadline yang sudah dekat. Menulis dengan terburu-buru akan mempengaruhi kualitas tulisan kita. Seyogyanya penulis menyicil tulisannya sehingga selesai ketika deadline tiba.
Siap menjadi penulis sukses?
Hindari 5 kesalahan yang sering dilakukan penulis.
Load disqus comments

0 comments