Monday, May 30, 2016

5 Langkah Menulis Autobiografi

Memiliki cerita hidup yang menarik dan menginspirasi?
Mau tulisan anda dibaca dan dapat berbagi cerita positif untuk orang lain?
Yuk, mulai tuangkan kisah inspirasi atau kesuksesan hidup anda dalam sebuah tulisan!
Siapa yang menulisnya?
Anda sendiri!

Itulah yang dimaksud dengan autobiografi. Anda memiliki cerita yang menarik penuh inovasi, perjuangan dan motivasi kemudian anda sendiri yang menuangkan kisah hidup anda dalam sebuah tulisan. Sehingga kita akan mengingat kembali cerita masa lalu yang pernah kita jalani ketika proses penulisannya. Namun sebaiknya anda tak langsung menulis. Agar menulis autobiogari lebih terarah dan fokus. Maka ikuti langkah menulis autobiografi dibawah ini.

1. Membuat garis besar dari kisah hidup yang ingin anda tulis
Tulislah hal penting dalam hidup anda kronologis waktu dan kejadian yang pernah anda alami juga memberikan kesan yang mendalam. Fokuskan hal itu untuk diangkat menjadi sebuah autobiografi. Bisa tentang garis besar kesuksesan anda dalam membangun bisnis atau perjalanan spiritual anda.

2. Menentukan tujuan penulisan
Tentukan tujuan penulisan autobigrafi yang akan anda tulis. Apakah autobiografi yang anda tulis untuk berbagi inspirasi pengalaman hidup atau untuk tujuan tertentu lainnya.

3. Mengumpulkan data dan informasi
Walaupun anda sendiri yang menulis kisah hidup anda. Namun anda harus memiliki data yang lengkap misalnya surat, dokumen atau foto yang relevan dengan cerita yang anda angkat. Juga informasi yang akurat sehingga pembaca tidak merasa dibohongi. Karena kisah anda berdasarkan fakta.

4. Menuliskan pengalaman dalam sebuah kontek pelajaran bagi orang lain
Ketika menuliskan sebuah kisah pengalaman hidup anda sebaiknya ada pelajaran dan hikmah dibalik pengalaman tersebut sehingga menjadi inspirasi bagi pembaca.

5. Menyusun outline autobiografi dan mengembangkannya
Setelah semuanya terkumpul maka mulailah menulis outline atau kerangka karangan autobiografi. Outline bertujuan agar penulisan lebih fokus dan tersusun. Kemudian kembangkan outline menjadi sebuah karangan narasai autobiografi yang menarik.

Semoga 5 langkah menulis autobiografi diatas membantu anda dalam menulis biografi tentang diri anda sendiri.

Selamat menulis!
Load disqus comments

0 comments