Thursday, May 12, 2016

6 Langkah Jadi Ghost Writer untuk Pemula


Seseorang memiliki ide cerita atau pengalaman pribadi yang menarik, namun dia tidak memiliki kemampuan menungkan ide atau gagasanya dalam sebuah rangkaian kata. Maka, seseorang menawarkan jasa untuk menuliskannya.  Orang tersebut dikenal dengan nama ghost writer.
Sesuai dengan katanya “ghost” yang memiliki arti “hantu” seperti yang kita ketahui hantu tak bisa dilihat dengan kasat mata. Nah, begitu pula dengan ghost writer. Dia menulis sebuah buku atau artikel namun namanya pernah tak dicantumkan.
Ghost writer adalah sebuah profesi yang tak asing lagi di kalangan penulis. Prinsip kerja dari profesi ini adalah membantu seseorang untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan sehingga menghasilkan sebuah artikel atau buku yang menarik untuk dibaca.
Fee yang dihasilkan dari profesi ini lumayan besar.  Apalagi penulis yang sudah memiliki pengalaman. Biasanya lebih memiliki rate yang lebih tinggi.
Ghost writer adalah pekerjaan yang fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Asal tulisan harus selesai tepat deadline dan isi konten harus berkualitas sesuai dengan permintaan klien.
Apakah Anda ingin menjadi ghost writer? Bagaimana langkah memulainya? Siapa yang menjadi target  penulisan kita? Berikut ini 6 langkah menjadi ghost writer!
1.      Kita harus memiliki ide kretif
Penulis harus memiliki ide kreatif agar menghasilkan tulisan menarik
2.      Siap bekerja dengan deadline
Menjadi ghost writer wajib bekerja dengan deadline. Penulis harus memiliki manajemen waktu yang baik sehingga dapat menyelesaikan tulisannya tepat waktu
3.      Susun dan tentukan target klien kita
Susunlah siapa  saja target yang akan kita prospek. Manfaatkan media sosial untuk menemukan target kita
4.      Lakukan pendekatan secara sopan dan bersahabat. Tidak langsung menawarkan jasa kita, namun cobalah untuk mengenal mereka terlebih dahulu dan mereka pun mengenal kita
5.      Tawarkan jasa kita
Ketika kita sudah melakukan pendekatan maka kita dapat menawarkan jasa penulisan kita kepada para klien. Berikan contoh tulisan atau buku yang pernah kita tulis sebagai penguat bahwa kita ghostwriter.
6.      Kerja sama
Jika klien bersedia menggunakan jasa kita maka lakukan kerja sama yang jelas dengan klien
Nah, sudah siap menjadi ghost writer?


Load disqus comments

0 comments