Saturday, May 7, 2016

Kiat Nulis Buku Parenting


Buku parenting merupakan buku yang memiliki jutaan tema yang banyak dicari apalagi oleh para orang tua. Orang tua harus lebih banyak belajar sehingga dapat memberikan pendidikan juga pola asuh yang tepat untuk anak-anaknya.
Salah satu upaya untuk membantu para orang tua adalah dengan membaca buku parenting. Beberapa buku parenting akan mengulas permasalahan yang dihadapi orang tua. Seperti mambangun kepercayaan diri pada anak, kedisiplinan, pola asuh yang benar juga pembentukan karakter,  pendidikan  anak hingga  asupan gizi  dan pola makan bagi anak-anak juga tema lainnya.
Jika kita memiliki hobi menulis tidak ada salahnya mencoba membuat buku parenting. Jadi jangan sebagai pembaca saja. Namun kita coba untuk menungkan gagasan kita dalam sebuah kata, kalimat, paragraf hingga menjadi buku.
Bagaimana ide tulisannya?
Ide buku parenting bisa kita  diangkat dari kehidupan sehari-hari kita. Misalnya tentang pola asuh anak atau membentuk karakter anak sejak dini. Tak ada salahnya jika kita menemukan bahkan mengalami masalah dalam keluarga atau mendidik anak pengalaman itu bisa kita tuangkan dalam tulisan.  Jika kita memiliki anak, saudara, murid  bahkan teangga yang memiliki kelebihan khusus kita juga dapat angkat tema tersebut menjadi ide tulisan kita.
Bahkan hal yang sering para bunda alami di rumah. Seperti anak susah makan, si kecil yang sulit bergaul atau si sulung yang super aktif. Carilah penyebab dan cara mengatasinya. Lalu tuangkan dalam sebuha tulisan.
Yuk, kita belajar bersama bagaimana kita menulis buku parenting.
1.      Tentukan ide  tulisan
2.      Setelah ada ide buatlah judul yang menarik
Judul yang menarik akan membuat pembaca penasaran untuk membaca isinya
3.      Buatlah outline
Outline adalah kerangka buku yang membantu dalam tahapan penulisan buku parenting sehingga kita memiliki acuan dan batasan ketika proses penulisan
4.      Carilah pendapat dari para  ahli yang relevan dengan tema tulisan kita sebagai penguat
5.      Mulailah menulis
Mengikuti seminar tentang parenting atau membaca buku-buku tentang tema yang sama dapat membantu kita dala proses penulisan buku. Yuk, mulai berkarya dengan menulis sebuah buku!


Load disqus comments

0 comments