Saturday, May 7, 2016

Nggak Pede Nulis? Ke Laut Aja!




“Mau sih bikin status di FB buat promosi tapi ga pede nulisnya”
“Aku bukan penulis, jadi ga bisa kalo suruh nulis”
            Ungkapan ini sering kita dengar bahkan mungkin kita sendiri yang mengucapkannya. Menulis tidak hanya bakat namun menulis adalah keterampilan. Jadi pada dasarnya semua orang bisa menulis. Namun masalahnya tidak semua orang mau belajar untuk mulai menulis
            Menulis adalah menuangkan ide, gagasan, dan  perasaan dalam pikiran kita dalam bahasa tulis. Untuk dipahami oleh pembaca sebagai salah satu alat komunikasi tidak langsung. Kemampuan seseorang untuk menulis tidak muncul secara  instan dan otomatis. Kemampuan ini pun bukan bakat yang dibawa sejak lahir. Namun kemampuan seseorang dalam menulis diperoleh melalui pembelajaran dan latihan.
            Tidak mau menulis dengan alasan merasa bahwa kita bukanlah penulis. Namun, kita harus tahu bahwa menulis bukan hanya untuk penulis saja. Bahkan para  penulis hebat pun awalnya sama seperti kita mengalami kesulitan ketika menuangkan ide atau gagasan dalam sebuah tulisan. Namun mereka terus belajar dan belajar.
            Adapula yang mengungkapkan ga pede menulis karena ga punya ide untuk di tulis. Ide itu seperti air yang bisa kita lihat dimana-mana. Ide sebenarnya ada di sekeliling kita, namun kita sendiri yang tak pernah menyadari. Kegiatan kecil yang kita lakukan bisa kita jadikan ide tulisan. Pengalaman hidup kita bisa kita tuangkan dalam bentuk bahasa tulis. Bahkan banyak buku best-seller berasal dari pengalaman.
            Setelah ide muncul masih belum berani menulis. “takut tulisanku dikritik orang”. Orang lain mengkritik tulisan kita berarti mereka membaca karya kita. Kritikan yang diberikan bukan membuat kita harus malu apalagi mundur. Namun dari kritikan itu kita belajar untuk menulis lebih baik. Mengolah kata lebih sempurna hingga tulisan kita enak dibaca. Lebih baik tulisan kita dikiritik daripada hanya bisa mengkritik tapi tak pernah menulis.
Tak ada jalan terbaik untuk meruntuhkan rasa  ga pede dalam menulis selain belajar dan mulai menulis. Jika belum bisa menulis di sosial media kita bisa memulai dari menulis diary. Hal yang terpenting dalam menulis adalah latihan untuk terus menulis.
Jika masih ga pede? Ke laut saja! Siapa tahu ikan dapat membantu.


Load disqus comments

0 comments