Friday, May 13, 2016

5 Jenis Artikel Yang Harus Diketahui Penulis Artikel


Apakah Anda penulis artikel? Artikel merupakan tulisan yang ditulis tentang tema tertentu yang sifatnya aktual. Artikel ditulis untuk membantu para pembaca ketika membutuhkan informasi tentang tema tersebut. 
Menulis artikel adalah latihan untuk menulis sebuah buku. Dengan menulis artikel maka kemampuan menulis kita akan semakin terasah. Namun sebelum menulis artikel penulis harus memahami jenis artikel. Karena setiap artikel memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda.  Apa saja jenis artikel?
Berikut adalah penjelasan 5 jenis artikel yang harus dipahami oleh penulis.
1.      Artikel deskriptif
Artikel jenis ini memberikan informasi tentang suatu permasalahan yang terjadi. Artikel ini akan menggambarkan bagaimana suatu peristiwa atau masalah terjadi. Sehingga mudah dipahami oleh  pembaca
2.      Artikel pemecahan masalah
Sesuai dengan namanya, artikel ini akan memaparkan tentang suatu permasalahan secara detail bagaimana, mengapa dan kapan masalah itu terjadi. Berikut solusi dan alternatif penyelesaian masalah tersebut
3.      Artikel eksplanatif
Artikel ini akan menjelaskan, mengkaji dan membahas suatu masalah atau peristiwa berdasarkan sudut pandang seseorang. Terutam sudut pandang si penulis artikel tersebut
4.      Artikel prediktif
Sesuai dengan katanya “prediktif” yaitu memperkirakan. Artikel ini membahas suatu permasalahan saat ini dan permasalahan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Artikel ini tidak hanya menjelaskan prediksi pada masa yang akan datang namun memaparkan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapinya.
5.      Artikel persuasive
Artikel ini akan membujuk pembaca untuk melakukan sesutau. Tentunya hal yang positif. Artikel ini merupakan artikel yang lebih ke ajakan, bujukan, saran bagi   pembaca untuk melakukan atau menghindari sesuatu yang terkait dengan tema yang dibahas.
Buatlah artikel berdasarkan fungsi dan tujuannya. Jika kita akan melakukan promo maka tulislah artikel jenis persuasive. Penggunaan jenis artikel yang tidak tepat akan membuat pembaca bingung maksud yang disampaikan penulis.
Mulailah menulis artikel tentang tema yang kita sukai untuk membiasakan kita konsisten dalam menulis. Pelajari 5 jenis artikel diatas agar kita bisa menentukan jenis artikel apa yang sesuai dengan tulisan kita. Selamat menulis!


Load disqus comments

0 comments