Saturday, May 14, 2016

Jangan Anggap Remeh 1 Detik



“Aku suka menulis, tapi masih sibuk”
“Menulis itu hobiku dari kecil tapi nanti deh diterusin kalo sudah mood lagi!
Itulah kalimat-kalimat yang diungkapkan oleh sebagian orang ketika ditanya seputar kepenulisan. Jika ingin menjadi penulis hebat tak ada alasan apapun selain mulai menulis.
Kapan mulai menulis?
Ya, sekarang juga.  Jangan tunda sesaatpun.  Jangan anggap remeh 1 detikpun.
Menulis tak pernah mengenal waktu, bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Menulis tak kenal usia dari anak kecil hingga usia lanjut memiliki kesempatan untuk menulis. Pernah baca novel KKPK atau Kecil-Kecil Punya Karya? Kumpulan novel yang ditulis oleh anak-anak usia sekolah dasar.
Atau pernah baca salah satu tafsir Buya Hamka yang ditulis oleh beliau ketika usianya diatas 60 tahun.
Bahkan ketika berada di penjara. Willlam Sears penulis di bidang kesehatan mulai menulis buku ketika usia 55 tahun setelah mengalami kanker.
Masih ada alasan Anda untuk tidak menulis?
Manfaatkan detik-detik berharga dalam hidup Anda untuk menulis.  Tanpa ada seribu alasan. Karena orang yang sukses itu hanya butuh TEKAD bukan alasan. Begitu juga dengan penulis, tak ada alasan sibuk atau belum ada mood.
Yang dibutuhkan penulis adalah kemauan dan berani memulai sekarang juga.
Tak perlu menunggu ide, tak usah menanti mood, tak usah menunggu dewasa ataupun tak peduli di usia tua.
Detik ini juga, berapapun usia kita, menulislah!
Setiap orang pasti sibuk begitu juga dengan kita, maka luangkan waktu untuk menulis ditengah kesibukan kita. Mood itu bukan ditunggu tapi dibangun. Sampai kapan kita menunggu mood itu datang? Akhirnya waktu akan sia-sia tanpa karya namun mood itu tak pernah tiba.
Tak ada jurus ampuh atau trik jitu dalam menulis. Kita hanya perlu berlatih dan banyak membaca untuk menghasilkan sebuah tulisan yang layak dibaca. Latihan menulisnya inilah yang membuat sebagian orang malas untuk memulainya.

Tentukanlah waktu yang tepat untuk mulai menulis. Jika perlu buatkanlah waktu khusus untuk menulis. Bagaimanapun juga keberhasilan seseorang diawali dengan langkah kecil namun dilakukan dengan penuh konsisten. Begitu juga dengan penulis maka jangan pernah tanyakan kapan saya harus menulis. Tapi menulislah sekarang juga! Jangan pernah menunda.  Jangan anggap remeh 1 detik!
Load disqus comments

0 comments