Saturday, May 7, 2016

Kiat Nulis Buku Anak



Jika ditanya fase dalam kehidupan yang paling menyenangkan adalah ketika masa kanak-kanak. Pada masa ini anak-anak tumbuh dengan kepolosan juga  potensinya. Kadang tanpa kita sadari banyak hal yang bisa kita pelajari dari mereka. Tentang kejujuran, semangat juga mudah memaafkan.
Dunia anak memang menyenangkan tanpa beban juga tanp masalah yang rumit. Pada masa ini kesemapatan bagi kita untuk mengajarkan nilai positif dan  akhlak yang baik. Karena mereka akan  lebih mudah menyerap dan mengaplikasikannya.
Salah satu upaya kita sebagai penulis adalah dengan menulis buku anak. Buku yang menyampaikan pesan moral bagi anak-anak. Kita bisa kemas dalam bentuk cerita ataupun gambar,  sehingga anak tidak merasa bosan.
Menulis buku anak merupakan tantangan tersendiri, karena kita bukan sekedar menulis namun kita memiliki tanggung jawab untuk membuat anak mengalami perubahan positif dari buku yang telah mereka baca. Sebelum menulis buku anak sebaiknya penulis belajar kembali dari dunia mereka. Apalagi jika penlis berada dalam lingkungan anak-anak dan menyukai dunia mereka ini akan sangat  membatu dalam proses penulisan buku anak.
Buku anak terbagi menjadi dua genre yaitu fiksi dan nonfiksi. Buku anak genre non fiksi membutuhkan berbagai informasi, pengetahuan juga penelitian. Sehingga informasi yang disampaikan kepada anak sesuai dengan fakta dan ilmunya. Seperti pembentukan bumi atau proses fotosintesis yang dikemas dengan bahasa anak dan dilengkapi gambar yang menarik.
Sementara untuk buku nonfiksi kita sebaiknya mencari inspirasi dari berbagai cerita anak, buku klasik atau dongeng. Anak sangat  menyukai dongeng atau legenda.  Kita bisa membuat dongeng masa lalu dengan lebih modern tentunya diselipkan pesan moral pada cerita tersebut.
            Dalam menulis buku anak hindari menuliskan kalimat yang panjang. Cukup 6-10 kata dalam setiap kalimatnya. Bisa dibayangkan jika kalimatnya panjang anak sulit menangkap pesan yang disampaikan dalam tulisan. Gunakan bahasa yang sederhana, bahasa anak-anak sehingga lebih mudah mereka pahami. Setiap buku yang ditulis usahan ada unsur yang pesan moral yang disampaikan. Mengajarkan kebaikan, perdamaian dan semangat untuk belajar. Sehingga buku anak dapat dijadkan sebagai alat  untuk mendidik lewat cerita yang disajikan. Yuk, membuat buku anak!


Load disqus comments

0 comments