Wednesday, May 11, 2016

Nonton Film, Bisa Jadi Modal Ide Nulis


Setelah melihat peristiwa sekeliling kita. Membaca beberapa buku, berjalan-jalan atau berdiskusi dengan teman namun ide menulis belum juga ada yang cocok untuk dijadikan tulisan. Para penulis selalu membutuhkan ide menarik untuk tulisannya. Writing Block pasti dialami oleh para penulis. Walaupun ide itu bertebaran di sekitar kita namun kadang belum ada yang pas untuk kita tulis. Lalu apa yang harus penulis lakukan untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis?
Suka menonton film? Hampir semua orang suka menonoton. Menonton ternyata tidak hanya menghilangkan stress bagi sebagian orang. Namun bagi penulis menonton film di rumah ataupun di bioskop adalah modal ide untuk menulis.
Ketika kita menonoton maka kita melibatkan beberapa panca indera, kita melihat jalan cerita film dengan mata, mendengarkan percakapannya dengan telinga, dan otak kita pun ikut berpikir jalan cerita film tersebut. Hal inilah yang akan mengasah intuisi kita untuk menemukan sebuah ide
Ketika kita menonoton sebuah film maka akan muncul beberapa inspirasi atau ide. Kita bisa menulis tema yang sama namun ide yang berbeda. Tentunya dengan menonjolkan ciri khas penulis sehingga berbeda dengan tulisan ataupun film sebelumnya.
Setelah menonton, kita dapat  membuat tulisan dengan tema yang sama namun dengan kemasan yang berbeda dengan adanya penambahan ide atau gagasan lain bisa juga dengan penambahkan ide kita sendiri. Oleh karena itu penulis sebaiknya senang menonton juga, agar memiliki banyak inspirasi untuk tulisannya. Pilihlah tontonan yang tidak hanya lucu dan menyenangkan namun carilah film yang menginspirasi kehidupan sehingga memberikan ide tulisan yang mengispirasi juga. Karena tontonan mempengaruhi pikiran kita.
Menonton akan mengenalkan kita beberapa karakter tokoh, jalan cerita, pesan yang disampaikan. Hal tersebut akan sangat membantu dalam proses penulisan apalagi untuk penulisan sebuah novel. Semakin sering kita menonton di waktu luang kita maka semakin banyak ide yang bisa kembangkan dalam sebuah tulisan

Maka tak ada lagi alasan bagi penulis untuk berhenti menulis. Bahkan kegiatan menyenangkan seperti menonton pun bisa memberikan ide bagi penulis. 
Load disqus comments

0 comments