Wednesday, June 1, 2016

Struktur dan Ciri-Ciri Biografi

Ingin menuliskan kisah hidup tokoh yang kita kagumi?

Atau menuliskan cerita perjalanan orang tua atau sahabat kita yang memiliki kisah hidup menarik?
Sepertinya seru  bisa menuliskan kisah hidup orang yang kita kagumi atau sosok yang menjadi inspirasi kita. Karena ketika menulisnya kita akan menulis segala hal tentang tokoh biografi tersebut. Hal itu sudah pasti akan memberikan kita banyak sekali informasi positif dan ilmu yang bermanfaat dari perjalanan hidupnya yang bisa kita jadikan sebagai suri tauladan.

Biografi adalah menuliskan kisah perjalanan hidup seseorang  yang memiliki sejarah hidup yang menarik. Biografi tidak hanya menceritakan kisah orang sukses. Namun orang biasapun banyak yang dituliskan biografi hidupnya karena setiap orang pasti memiliki kisah hidup yang penuh inspirasi, motivasi dan perjuangan. Apa salahnya jika diabadikan dalam sebuah tulisan.
Untuk menulis biografi kita harus mengenal ciri-ciri biografi. Apa sih ciri-cirinya?
1.Biografi berisi kisah sebenarnya atau berupa fakta.
Nara sumber akan memaparkan kisahnya kepada penulis. Perjalanan hidup yang dialaminya. Penulisannya disajikan dalam bentuk narasi atau cerita sehingga pembaca tidak bosan ketika membacanya
2.Fakta dalam biografi fokus menceritakan pengalaman atau kisah dalam tokoh biografi tersebut.
3.Biografi memiliki beberapa komponen penting yang harus ada dalam penulisan biografi. Diantaranya judul, kisah yang mengesankan, mengagumkan dan menyedihakan dari tokoh tersebut juga teladan dari kehidupan tokoh tersebut
4.Struktur  biografi terdiri dari 3 komponen yaitu
a.Orientasi
yaitu tulisan yang menjelaskan tentang tokoh dalam biografi tersebut.  Pada bagian ini merupakan bagian pengenalan tokoh.
b.Masalah atau peristiwa
Bagian ini menjelaskan peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh. Segala hal yang terjadi dalam hidupnya hal menarik, mengesankan, mengagumkan dan menyedihkan yang dialami tokoh sehingga memberikan inspirasi dan pelajaran bagi pembaca.
c.Reorientasi
Bagian ini merupakan bagian penutup yang akan memaparkan pandangan atau pendapat penulis terhadap tokoh. Namun bersifat opsional.

Setelah mengetahui ciri dan struktur penulisan biografi. Sekarang saatnya praktek!

Selamat menulis biografi!

Load disqus comments

1 comments: