Monday, May 30, 2016

Menulis Biografi

Apakah anda suka menulis jenis tulisan nonfiksi?
Salah satu jenis tulisan ini adalah biografi.
Pernah membaca kisah sejarah atau riwayat kehidupan seorang tokoh?
Sejarah tersebut ditulis dalam beberapa kalimat bahkan ditulis lebih dari 1 buku. Nah, itulah yang disebut dengan biografi. Kata Biografi berasal dari Yunani, yang memiliki dua makna yaitu bios artinya hidup dan graphien  maknanya tulis. Secara sederhana biografi adalah sebuah kisah atau riwayat hidup seseorang yang dituangkan dalam sebuah tulisan.

Terdapat dua jenis biografi. Yaitu biografi pendek dan biografi panjang. Biografi pendek atau dikenal juga dengan biografi singkat sering kita temukan dalam buku-buku. Biografi ini memaparkan tentang kisah  hidup seseorang secara singkat dengan mencantumkan point penting saja. Namun biografi panjang menuliskan kisah hidup seseorang secara detail dari awal hingga akhir kisah dikemas dalam tulisan yang menarik.
Biografi panjang akan lebih menganalisa kehidupan seseorang juga kejadian penting dalam hidupnya. Sehinga akan ditemukan hubungan kisah dalam hidupnya untuk dituliskan menjadi sebuah buku.

Siapakah yang bisa ditulis biografi hidupnya?
Seorang tokoh terkenal  sering menuliskan biografi hidupnya secara kronologis. Namun tidak ada salahnya orang biasa pun menulis biografi hidupnya karena setiap manusia pasti memiliki sejarah dalam kehidupannya. Dengan menulis biografi sejarah hidup kita akan dikenang  dalam sebuah tulisan.

Beberapa alasan yang membuat seseorang tertarik membuat biografi dalam hidupnya salah satunya adalah memiliki cerita hidup yang menarik dan menginspirasi bagi orang lain. Atau dia pernah menciptakan dan menemukan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Bisa pula karena seseorang telah mengalami perubahan hidup yang besar dalam dirinya sehingga dapat menjadi motivasi orang lain ketika kisah hidupnya dituangkan dalam sebuah tulisan.

Biografi yang kita tulis sendiri dari awal hingga akhir kisah maka disebut dengan autobiografi. Dimana pelaku sendiri sebagai penulisnya. Namun karena beberapa hal seseorang menggunakan jasa penulis untuk menulis kisah hidupnya hal ini pun tidak salah selama keduanya dapat bekerja sama dengan baik.  Lalu apa saja yang dibutuhkan oleh penulis ketika akan menulis biografi?
1. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kisah tokoh yang akan kita tulis biografinya
2. Buku referensi sejarah yang masih relevan dengan tokoh
3. Benda-benda yang mendukung seperti buku harian, kliping koran atau surat sebagai penguat

Sekarang, sudah siap menulis biografi?
Selamat menulis!

Load disqus comments

0 comments