Sunday, June 19, 2016

5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Penulis Lepas




Bagi anda yang suka menulis tidak ada salahnya mencoba menjadi penulis lepas. Pekerjaan ini mulai menjadi incaran mereka yang hobi menulis. Penulis lepas memiliki jam kerja yang fleksibel. Dapat bekerja di rumah atau di tempat yang memberikan banyak inspirasi ketika menulis.
 Jangan dikira lho! jika memiliki banyak waktu dan peluang pekerjaan ini mampu meraup penghasilan hingga jutaan. Asal kita mampu bekerja dengan profesional. Pekerjaan selesai tepat deadline dengan hasil tulisan yang berkualitas.
            Apa saja yang dikerjakan penulis lepas?
Penulis lepas tentu saja bekerja dalam bidang menulis. Banyak tokoh masyarakat yang ingin menulis buku namun karena tidak mampu menulis atau tidak memiliki waktu menulis. Maka mereka menyewa ghost writer untuk menuliskan bukunya. Ataupun menyewa content writer untuk mengisi situs atau webnya.
            Kebutuhan akan tulisan sebagai media dalam bisnis di zaman serba digital ini sangat dibutuhkan. Tulisan sangat penting untuk branding, promosi produk atau pengembangan sebuah web. Maka untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan memiliki nilai jual.  Maka penulis lepas harus melakukan hal berikut ini:
1.      Pintar melihat peluang dan kesempatan
Jangan terlalu idealis dengan menargetkan menulis di sebuah media dengan bayaran tinggi. Sementara mengabaikan kesempatan yang di depan mata. Penulis lepas harus mampu memprediksi peluang dengan tepat.
2.      Banyak membaca
Banyak membaca tentang tema yang akan kita tulis akan membantu proses menulis. Banyaknya informasi dan pengetahuan yang didapat akan memperbanyak tulisan yang kita tulis
3.      Mengenal karakter media atau klien yang kita bidik
Jika kita bekerja sama alangkah lebih baik kita mengenal partner kerja kita. Begitupun dengan penulis harus mengenal karakter media atau klien yang kita targetkan untuk diajak kerja sama.
4.      Tanggap terhadai hot issue
Penulis lepas harus tanggap terhadap berita yang sedang trend diperbincangkan. Hot issue inilah yang bisa dijadikan tema tulisannya
5.      Tidak mengenal moody
Penulis lepas mau tidak mau harus bisa menulis kapanpun. Jika penulis hanya menulis tergantung kondisi hati siap-siap saja klien akan kabur.
Menjadikan penulis lepas sebagai pekerjaan utama atau sampingan kita harus tetap bekerja secara profesional.
Selamat bekerja!
Load disqus comments

0 comments