Monday, June 27, 2016

3 Tips Menyelesaikan Naskah

Bagaimana sih menjadi penulis yang baik?


              Penulis yang baik adalah penulis yang selalu bertanggung jawab menyelesaikan naskah yang pernah ia mulai. Tidak membiarkan naskah tersebut menggantung dimulai tanpa diakhiri. Karena karya nyata seorang penulis adalah naskah yang sudah dia tulis. Sesuai yang diungkapkan oleh Karen Miller  “Penulis yang malas menyelesaikan menulis naskahnya tidak akan pernah jadi penulis.”
         Ketika penulis mulai menuliskan ide tulisannya maka ia harus bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Sehingga tidak memboroskan waktu, tenaga dan pemikiran. Menulis tidak selesai merupakan salah satu penyakit yang dialami para penulis. Salah satu penyebabnya adalah malas, writing block atau tersangkut ide baru hingga meninggalkan naskah awal.
            Ide-ide baru yang bermunculan kadang kita pikir lebih seru dan menarik. Namun jangan salah lho! bisa jadi ini salah satu godaan kita untuk meninggalkan naskah lama. Jika tergoda ide baru maka cepat selesaikan naskah awal hingga tuntas. Jika kita adalah penulis sejati, mau tidak mau belajarlah bertanggung jawab pada tulisan kita. Jadi bagaimana supaya naskah kita cepat rampung?
1.     Menulis dengan rutin
Rutin menulis setiap hari walaupun hanya selembar. Apalagi kita mampu menulis beberapa lembar dalam sehari maka sudah pasti kita akan semakin cepat menyelesaikan naskah kita. Rutin menulis akan mengasah keterampilan dan kecepatan dalam menulis.
2.      Menetapkan deadline
Tetapkanlah waktu penyelesaian menulis sebagai motivasi kita. Deadline menulis harus kita patuhi sehingga kita bisa menyelesaikan naskah sesuai waktu yang ditetapkan. Deadline juga akan menjadi motivasi kita untuk rutin menulis setiap hari. Bayangkan jika kita menumpuk tulisan dan mengerjakannya ketika deadlinenya mepet.
3.      Tidak mengedit ketika menulis
Ketika menulis teruslah menulis jangan pernah menghiraukan dahulu tanda baca, penulisan atau hal lain. Karena menulis sambil mengedit akan membutuhkan waktu yang lama dan hal ini kurang efektif. Setelah tulisan kita selesai barulah kita melakukan proses editing. Edit naskah kita dengan teliti dan penuh kesabaran.
            Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan naskahnya. Lakukan yang terbaik dan gunakan waktu seefektif mungkin sehingga naskah kita bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Selamat menulis!

Load disqus comments

0 comments