Friday, May 27, 2016

Plagiat no! Mengutip no problem



“ Duh, Rasanya nyesek banget! ”
Itulah ungkapan yang bisa kita sampaikan ketika membaca sebuah artikel milik kita di blog tetangga sebelah lengkap dengan namanya tanpa meminta izin terlebih dahulu.
Itulah budaya plagiarisme yang semakin marak. Plagiat adalah mengambil ide atau pendapat milik orang lain tanpa izin dari pemiliknya. Bahkan para plagiator sangat percaya diri mencantumkan nananya sebagai penulis atau pencipta.
Dalam dunia menulis plagiarisme dapat dilakukan dalam hitungan detik yaitu tinggal copy paste tulisan kemudian mengganti nama penulisnya. Hal ini sangat merugikan karena mengambil hak cipta orang lain.
Plagiat tidak hanya terjadi di dunia maya. Beberapa mahasiswa yang tidak kreatif terkadang melakukan hal ini. Ketika mendapat setumpuk tugas dari dosen maka copy paste adalah cara instant untuk menyelesaikan  tugasnya. Bahkan yang lebih parah skripsi pun copy paste dari internet. Sehingga tak jarang setelah lulus kuliah dia bingung keahlian atau ilmu apa yang bisa dikembangkan. Karena selama kuliah hanya jadi mahasiswanya  mbah google yang rajin copy paste untuk menyelesaikan tugas.
Plagiarisme berbeda dengan mengutip. Jika mengutip kita  mengambil pendapat, ide dalam bentuk tulisan dengan mencantunkan penulis dan sumbernya dengan jelas. Bahkan cara penulisannya pun memiliki ketentuan dan batasan tertentu. Kutipan biasanya dicantumkan dalam sebuah tulisan sebagai penguat tulisan kita. Sehingga kita memiliki argumentasi yang mendukung untuk bisa dipertanggungjawabkan.
Penulis harus jauh dari plagiat. Karena tidak hanya merugikan diri sendiri tapi merugikan orang lain. Berikut adalah tips untuk menghindarinya
1.Percaya dengan kemampuan diri sendiri
  Tumbuhkan kepercayaan pada diri bahwa kita mampu menulis atau bisa menyelesaikan tugas kuliah tanpa copy paste. Jika kita percaya bahwa kita mampu, maka tak ada keinginan untuk mengambil karya orang lain.
2.Banyak membaca
  Luangkan waktu untuk membaca sehingga kita memiliki banyak ide dan bahan untuk kita tuangkan dalam tulisan
3.Jujur pada diri sendiri
  Hal yang terpenting adalah kita harus jujur pada diri sendiri. Mengambil karya orang lain tanpa izin berarti kita mencuri. Walaupun orang lain mungkin tak tahu tapi hati kecil tak bisa dibohongi
Siap membuat karya sendiri?
Harus BISA!
Load disqus comments

0 comments