Friday, May 27, 2016

7 Tips Menulis Efektif


Siap menjadi penulis?
Kalo siap menjadi penulis hebat, maka belajarlah menulis efektif.
Menulis efektif adalah menulis suatu tema tertentu secara singkat, jelas dan padat. Sehingga tidak menuliskan hal-hal yang tidak relevan dengan tema. Menulis efektif harus diterapkan salah satunya pada penulisan artikel yang dibatasi oleh jumlah kata. Lalu bagaimana penulis dapat menulis dengan efektif ?
Berikut adalah tips menulis efektif
1.Gunakan paragraf pendek
  Paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca malas untuk membacanya. Paragraf pendek akan memudahkan pembaca menemukan informasi penting yang mereka cari langsung pada intinya
2.Gunakan judul dan subjudul
  Agar tulisan kita mudah dibaca walaupun sepintas maka penulis harus memecahnya text tersebut. Kemudian memberi judul dan beberapa sub judul. Perhatikan pula jarak keduanya sehingga artikel mudah untuk dibaca.
3.Tulisan dipahami pembaca
  Menulis efektif tidak hanya singkat namun harus jelas. Sehingga dipahami oleh pembaca dengan mudah. Tulisan yang jelas tidak akan mengundang keraguan pembaca dan tidak akan sampai pada tujuan penulisan.
4.Gaya bahasa yang sesuai
  Pemilihan gaya bahasa sangat diperhatikan agar menulis lebih efektif. Tulisan seputar remaja agar lebih efektif gunakanlah gaya bahasa yang tidak monoton atau serius tapi gaya bahasa yang sedikit bersahabat dengan  dunia  remaja. Begitupun tulisan seputar parenting gunakanlah gaya bahasa yang sesuai dengan usia pembacanya.
5.Tulisan terstruktur dengan baik
  Tulisan efektif harus terstruktr dengan baik sehingga nyaman untuk dibaca. Diawali dengan pembukaan, isi dan penutup. Hubungan antar paragraf pun harus diperhatikan satu sama lain saling mendukung.
6.Tulisan asli bukan plagiat
  Menulis efektif bukan hanya menulis sesuai denga aturan kepenulisan. Namun menulis efektif terlahir dari hati dan ide sendiri bukan copy paste dari tetangga sebelah. Menulis efektif anti plagiarisme.
7.Sertakan referensi
Jika tulisan kita berupa informasi maka ada baiknya jika menyertakan referensi atau sumber yang jelas dalam tulisan tersebut.
  Ide yang brilian dan isi konten menarik akan menjadi tulisan yang keren jika ditulis dengan efektif. Posisikan penulis sebagai pembaca ketika menilai tulisan yang sudah kita tulis.  Yuk, mulai menulis efektif!

Load disqus comments

0 comments