Sunday, May 8, 2016

Pentingnya Bisa Berbisnis Buat Para Penulis



“Saya bukan pebisnis tapi saya seorang penulis”
Jika menulis adalah profesi jadi mengapa tidak jadikan menulis itu sebagai bisnis. Sehingga penulis pun harus mampu berbisnis lewat tulisannya. Bisnis bukan hanya untuk pengusaha saja namun para penulis pun harus mulai membangun bisnis lewat tulisannya.
Jika kita  hobi menulis, maka jadikan hobi kita untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga hobi tidak hanya sekedar suka namun hobi akan menjadi bisnis. Hal yang menyenangkan adalah ketika bekerja dengan hobi kita.
Tak ada salahnya mempelajari ilmu bisnis untuk para penulis. Bagaiman membangun branding, mempromosikan tulisan kita, membuat target, juga menjalin komunikasi dengan target bisnis kita. Ilmu bisnis inilah yang akan kita terapkan dalam bisnis tulisan kita.
Jika awalnya kita berpikir penulis itu hanya menulis dan mengirimkan naskah. Maka itu adalah paradigma yang kurang tepat. Penulis harus lebih aktif mencari peluang dan kesempatan untuk menjadikan tulisannya sebagai bisnis. Artinya penulis tidak hanya diam menunggu kabar dari penerbit jika tulisannya di terima.
Branding tidak hanya untuk para pebisnis saja. Penulis pun harus membangun brandingnya. Salah satunya agar orang lain mengenal kita sebagai penulis adalah dengan membuat status yang berkaitan dengan profesi kita sebagai penulis. Mengupload buku yang pernah kita tulis di media sosial. Atau kegiatan kepenulisan yang kita ikuti.
Mulailah mencari target untuk bisnis kepenulisan kita. Misalnya dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para owner Web, Fp atau Online Shop. Setelah itu tawarkan jasa kita dengan komunikasi yang menyenangkan dan bersahabat.
Sebuah perusahaan membutuhkan tulisan yang bagus untuk mempromosikan perusahaan mereka atau mereview produk yang mereka buat. Disinilah peran penulis untuk pandai mencari kesempatan untuk menjalin bisnis dengan mereka dengan jasa kepenulisannya.

Namun semuanya tak akan bisa berjalan tanpa ilmu. Maka belajarlah bagaimana pebisnis sukses membangun bisnisnya. Sehingga kita dapat menerapkannya dalam bisnis kepenulisann kita. Tak ada kesuksesan yang bisa diwujudkan tanpa ilmu dan kerja keras. Maka, jadilah penulis yang memiliki semangat untuk belajar bisnis untuk membangun bisnis tulisannya
Load disqus comments

0 comments