Wednesday, May 25, 2016

6 Jenis Artikel Deskripsi



Menulis artikel adalah salah satu kegiatan yang akan mengasah kemampuan menulis. Sehingga daya pikir dan kreatifitas akan terus berkembang. Pada awal menulisnya mungkin kita akan merasa sulit harus memulai dari mana, apa yang akan ditulis atau ide apa yang cocok.
            Itulah masalah awal yang akan kita temukan ketika menulis. Namun semuanya akan berjalan dengan lancar jika kita terus berlatih untuk menulis. Hal yang sulit akan terasa lebih ringan jika kita terus berlatih untuk melakukannya secara konsisten. Begitupun dalam menulis artikel.
            Salah satu jenis artikel yang sering kita baca dan bisa kita tulis adalah artikel deskripsi. Apa sih artikel deskripsi itu?
Artikel deskripsi adalah sebuah artikel yang menceritakan tentang suatu peristiwa, suatu benda atau seseorang sehingga pembaca seolah-olah melihat bahkan mengalami apa yang diceritakan tersebut.
Penulis harus pandai mengolah kata-kata sehingga pembaca merasakan secara nyata apa yang ditulis oleh penulis. Untuk lebih memahami artikel deskripsi yuk, kita pelajari 6 jenis artikel deskripsi!
1.                  Deskripsi orang
Artikel  ini akan menggambarkan ciri-ciri fisik, watak dan kebiasaan orang dalam cerita tersebut secara detail. Sehingga kita seperti melihat orang tersebut berada di hadapan kita
2.                  Deskripsi tempat
Artikel yang melukiskan tentang ciri-ciri khusus tempat atau lingkungan juga posisinya. Artikel ini akan mengajak pembaca seolah berada pada tempat tersebut
3.                  Deskripsi benda
Artikel yang menggambarkan suatu objek dengan memperhatikan warna, ukuran, tekstur bentuk, kegunaan dan mutu dari benda tersebut secara terperinci.
4.                   Deskripsi tumbuhan atau binatang
Artikel yang menggambarkan suatu ukuran, ciri-ciri, jenis, warna dan hal lain seputar binatang atau tumbuhan
5.                  Deskripsi kejadian
Merupakan artikel yang menggambarkan tentang suatu kejadian secara detail seolah-olah pembaca melihat secara nyata
6.                  Deskripsi suasana hati
Artikel yang melukiskan tentang suasana hati seseorang dengan kejujuran dalam bentuk sebuah tulisan yang mewakili perasaannya. Sehingga pembaca ikut merasakan apa yang sedang dirasakan oleh penulis

Nah, sekarang jenis artikel deskripsi mana yang akan kamu tulis?
Yuk, mulai menulis artikel agar kemampuan menulis kita terus berkembang

Selamat menulis!
Load disqus comments

0 comments