Friday, May 13, 2016

5 Alasan Memilih Penerbit Mayor


Ketika buku yang kita tulis diterima oleh penerbit dan akan dicetak dalam jumlah yang banyak.  Karena buku yang kita tulis akan  di pasarkan di beberapa toko buku seluruh indonesia. Maka penerbit yang menerbitkan buku kita adalah penerbit mayor.
Penerbit mayor adalah penerbit yang menerbitkan buku para penulis dan dicetak secara masal dalam jumlah yang banyak. Dan disebar luaskan ke toko buku di seluruh Indonesia. Cetakan pertama penerbit mayor minimlal 1000 eksemplar buku.
Untuk tembus  di meja penerbit mayor penulis harus mengirimkan outline jika penerbit tertarik dengan outline yang kita buat maka penulis dapat meneruskan proses menulisan buku tersebut. Selama proses menulis, penulis didampingi editor untuk merevisi naskah. 
Para penulis berlomba membuat karya terbaik mereka agar dapat di terima penerbit mayor. Apa yang menyebabkan penulis memilih menerbitkan bukunya di penerbit mayor? Inilah 5 alasannya memilih penerbit mayor
1.      Penulis tidak harus mengeluarkan modal untuk biaya cetak dan lainnya
Seluruh biaya ditanggung oleh penerbit. Penulis tingggal fokus untuk menulis buku dan selesai sesuai dengan deadline yang ditentukan
2.      Penerbit mayor sangat selektif memilih naskah sehingga banyak penulis yang mengirimkan naskah namun jika tidak memenuhi kriteria akan ditolak. Sudah dipastikan buku yang diterbitkan pun berkualitas.
3.      Tanggung jawab akan kualitas naskah dipegang oleh penerbit
4.      Ketika penerbit melakukan pembayaran naskah dengan sistem “jual putus” maka penulis tidak harus risau dengan promo atau khawatir buku tidak laku. Karen penulis sudah membayar di awal naskah tersebut.
5.      Penulis bisa kerja sama dengan agensi naskah apalagi bagi penulis pemula. Agensi naskah yang sudah bekerja sama dengan penulis akan menginformasikan judul yang sedang dibutuhkan oleh penerbit. Selain membantu menyalurkan naskah pada penerbit agensi naskah juga akan memberikan saran kepada tulisan kita.
Ingin tulisan kita di terima oleh penerbit mayor?
Yuk, mulai disiplin dalam menulis dan perbaiki kualitas tulisan kita. Kita tidak perlu mengeluarkn modal untuk biaya penerbitan. Namun sebaliknya kita akan mendapatkan fee dari hasil penulisan kita.

Selamat menulis!
Load disqus comments

0 comments