Monday, October 1, 2012

# 33 Ternyata Menulis itu Gampang


Judul           : Ternyata Menulis itu Gampang
Penulis        : Indari Mastuti
Penerbit      : Penerbit Samudera Solo
Halaman     : 152
Cetakan I    : November 2011
Menulis adalah pekerjaan yang sudah biasa dilakukan semua orang. Ketika masuk TK, Anda semua sudah mulai diajarkan menulis. Bahkan, ketika duduk di bangku SD, Anda pasti sudah dihadapkan pada pelajaran menulis, dalam hal ini biasanya mengarang tentang pengalaman sehari-hari. Hal itu menunjukkan bahwa siapapun orangnya, memiliki kemampuan dasar untuk menulis. Namun, kenapa banyak orang justru mengatakan bahwa menulis itu sulit?

Banyak orang stres dan putus asa manakala menghadapi laptop, apalagi jika ide yang ada di kepala justru melayang entah kemana. Kadang mereka hanya duduk berjam-jam, namun kertas masih tetap kosong, atau bahkan dicampakkan karena tidak sesuai dengan keinginan. Kebanyakan dari mereka bingung bagaimana memulai menulis, bagaimana mencari tema, apakah sudah sesuai dengan EYD, dan bagaimana jika tiba-tiba tulisan macet di tengah jalan? Begitu banyak alasan yang menyebabkan menulis menjadi pekerjaan yang sulit. Padahal, menulis adalah pekerjaan yang sangat gampang dan menyenangkan. Namun, hal itu bisa terjadi jika Anda tahu tips dan trik khususnya.
Menulis adalah suatu hal yang mudah dilakukan, karena dalam menulis tidak diperlukan bakat khusus. Dengan latihan yang kontinue, Anda pasti bisa menghasilkan tulisan yang baik, mengalir, dan tentunya enak dibaca. Para penulis pemula sering mengalami kesulitan dalam memulai menulis. Buku ini mengajak para penulis pemula untuk menulis tanpa beban alias menulis dengan melupakan teori yang ada, tidak merisaukan titik koma, dan lupakan sejenak EYD. “Menulislah dengan gaya Anda sendiri dan jangan pernah terbebani dengan apapun. Menulis, ya, menulis…  (hal. 15)

Teori-teori yang dalam ilmu menulis bukanlah segala-galanya yang harus diperhatikan dalam memulai kegiatan menulis. Agar semakin lancar menulis, buku ini memaparkan 12 kemudahan dalam menulis. Teori-teori menulis yang ada di buku ini disampaikan dengan lugas dan ringan sehingga mudah dipahami oleh siapapun. Dan yang pasti.... buku ini berhasil merubah mindset tentang menulis yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian orang.
Meskipun Anda sudah lancar menulis, bukan berarti jalan sudah terbuka lebar-lebar. Akan tetapi, banyak kerikil tajam yang siap menghadang jejak langkah kita dalam menapaki dunia kepenulisan. Hambatan yang seringkali membuat Anda sulit untuk menulis ada dua faktor, yakni dari luar dan dari dalam diri sendiri. Faktor dari luar diantaranya adalah kritikan, karena itu Anda harus menempatkan dan menyikapi kritikan sebagai media agar tulisan Anda semakin sempurna.

Sedangkan, faktor dari dalam diri sendiri bisa berupa ; rasa malas yang menyebabkan kita berhenti menulis. Padahal, berhenti menulis dalam jangka waktu lama  akan membuat ketrampilan dan motivasi yang telah  Anda miliki akan hilang. Untuk itu, tidak ada jalan lain bagi seorang penulis kecuali harus tetap konsisten menulis dalam kondisi apapun dan dimanapun. Jangan biarkan kesempatan terbuang sia-sia tanpa ada aktifitas menulis. Tetaplah menulis, meskipun hanya berupa ; diary, catatan harian, flash fiction, outline, dan lain-lain.
Buku ini menjelaskan bahwa kebiasaan menulis akan mengantarkan kita pada banyak keuntungan, diantaranya : jalan awet muda dengan menulis, menulis sebagai jalan mudah kaya raya, menulis menjadi salah satu jalan menuju ke surga. Selain kemudahan-kemudahan tersebut, buku ini juga membagi tips-tips tentang “bagaimana menjebol dinding yang bikin macet?, bagaimana cara menulis dengan cepat?, dan alamat email penerbit-penerbit besar.”

Buku mungil setebal 152 halaman ini menyajikan beberapa tips dan trik yang bisa dicoba bagi para penulis pemula. Sehingga, setelah menikmati isi buku "Ternyata menulis itu gampang" Anda akan tahu bahwa menulis itu memang tidak sesulit yang Anda bayangkan alias gampang. Jadi kesimpulannya, buku ini wajib dimiliki oleh siapapun yang ingin menulis, sedang belajar menulis, ataupun yang sudah lihai menulis.

Sidoarjo, 21 Mei 2012
Load disqus comments

0 comments