Tuesday, August 28, 2012

Tips Menulis dari Neil Gaiman

Sedang menulis? Berikut tips menulis dari Neil Gaiman.
1. Menulislah.
2. Letakkan satu kata setelah kata yang lain. Temukan kata yang tepat, dan taruhlah dalam tulisan Anda.
3. Selesaikan apa yang Anda sedang tulis. Apa pun yang harus Anda selesaikan, selesaikanlah.
4. Setelah itu, simpanlah dulu. Lalu, setelah beberapa lama, bacalah kembali seakan Anda belum pernah membacanya sebe
lumnya. Perlihatkanlah pada teman-teman yang pendapatnya Anda hargai dan mereka yang menyukai tulisan sejenis yang Anda tulis.
5. Ingatlah ketika orang-orang memberi tahu pada Anda bahwa ada sesuatu yang salah atau tidak pas bagi mereka, mereka hampir selalu benar. Ketika mereka memberi tahu apa yang mereka pikir salah sekaligus memberi tahu bagaimana memperbaikinya, mereka hampir selalu salah.
6. Perbaikilah. Ingatlah bahwa cepat atau lambat, sebelum tulisan Anda mencapai kesempurnaan, Anda harus merelakannya dan mulai menulis karya selanjutnya. Kesempurnaan itu seperti mencapai langit. Maju terus.
7. Tertawalah untuk lelucon yang Anda buat.
8. Aturan yang utama dalam menulis adalah bahwa jika Anda melakukannya dengan keyakinan dan kepercayaan diri, Anda bisa melakukan apa pun yang Anda suka. (Ini juga adalah aturan dalam hidup, tapi juga pas untuk menulis). Jadi, tuliskan saja apa yang yang memang harus ditulis. Tulislah secara jujur dan ceritakanlah sebaik yang Anda bisa. Saya tidak yakin ada aturan lainnya. (Sumber: openculture.com)
Load disqus comments

0 comments