Tuesday, July 17, 2012

#4 80 Bisnis Laris Balik Modal < 1 Tahun



  • Judul                    : 80 Bisnis laris balik modal < 1 tahun
  • Penulis                  : Alistiorini, Bambang Suharno
  • Penerbit                : Penebar Plus, Jakarta
  • Cetakan                : I, Jakarta 2011
  • Harga Normal     : Rp.43.000,00
  • Harga Online       : Rp.36.550,00
Buku ini menyajikan berbagai pilihan trend bisnis masa kini yang menjanjikan keuntungan lumayan dan dapat kembali modal dalam waktu kurang dari 1 tahun. Pada bagian awal buku ini, anda akan disuguhkan dengan panduan secara umum dalam memilih bisnis yang tepat. Ada beberapa strategi khusus yang disajikan untuk menggaet bisnis hingga balik modal dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.
Menginjak pada bahasan di Bab II, buku ini menyampaikan beberapa aspek perencanaan bisnis dalam mempersiapkan bisnis yang akan anda ambil. Mulai dari aspek Teknologi Informasi, aspek pasar, aspek produk hingga aspek manajemen dan organisasi. Sedangkan di Bab selanjutnya, anda akan menemukan berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis jasa, seperti : Baby Day Care, Cuci motor/snow wash, Master of Ceremony (MC), Konsultan Arsitektur dan Desain Interior, Pembuatan Website, Pembuatan Program Komputer, Fotocopy, Kurir, Penerjemah, Digital Printing, hingga Laundry, tersaji lengkap dengan contoh angka perhitungan modal awal, biaya operasional, analisis Break Even Point (BEP), dan laba yang akan anda raih. Gambaran tahapan, hambatan, strategi, serta tip sukses bisnis tersebut, dipaparkan dengan jelas. Sebagai contoh : Jika anda memilih bisnis Jasa Cuci motor/Snow Wash, anda memerlukan Modal awal kurang lebih 26 juta rupiah, dengan Biaya operasional sekitar 6 juta rupiah, dengan perkiraan Laba yang akan diperoleh lebih dari 3 juta rupiah per bulan, maka anda akan memperoleh 32 juta setelah 1 tahun. Perhitungan yang tertera dalam buku ini juga disertai asumsi harga-harga produk dan beban penyusutan per bulan sesuai dengan jenis aset peralatan yang dipakai dalam bisnis tersebut.
Adapun jenis bisnis kuliner yang dijelaskan di dalam buku ini, diantaranya adalah bisnis Brownies yang saat ini lumayan menjamur. Bisnis ini menjanjikan keuntungan 5-6 juta rupiah per bulan. Investasi sebesar 27,5 juta rupiah, Biaya Operasional sekitar 8,5 juta rupiah, dengan Omzet per bulan mencapai 10,5 juta rupiah. Salah satu tips yang disamapaikan dalam buku ini agar jenis usaha ini dapat berkembang adalah dengan sistem franchise atau waralaba. Bisnis kuliner akan tetap menarik perhatian konsumen selama strategi bisnis dapat dilakukan dengan cermat, termasuk berinovasi dalan hal cita rasa.
Bisnis jasa sewapun dihadirkan di dalam buku ini, dengan salah satu contohnya adalah bisnis sewa alat musik / recording. Mungkin bisnis ini akan menjadi salah satu pilihan bisnis yang akan anda jalankan. Keuntungan dari bisnis ini diperkirakan mencapai 6 juta rupiah per bulan, dengan modal awal kurang lebih 71 juta rupiah, biaya operasional hingga 9 jutaan, dari asumsi biaya sewa studio Rp. 30.000,00/jam dan recording Rp. 150.000,00/jam.
Jika anda menginginkan bisnis yang tak bermodal besar, anda dapat memilih menjadiscript writer atau penulis naskah. Anda dapat menerima pekerjaan pembuatan naskah untuk acara kuis di televisi, acara talkshow dan lain-lain. Pekerjaan ini bersifat free lance, jadi kegiatan ini akan disukai oleh ibu rumahtangga karena tidak terikat waktu dan anada akan tetap memiliki waktu untuk keluarga. Bisnis ini dimulai dengan modal awal sekitar 8 juta rupiah, biaya operasional hingga kurang lebih 2 juta rupiah. Laba per bulan sekitar 1,7 juta rupiah dengan asumsi 2 proyek naskah setiap bulannya.
Bagi mereka yang mencintai lingkungan, bisnis daur ulang sampah plastik / kertas dapat menjadi pilihan yang tepat. Buku ini memberikan informasi secara detail, mulai dari tahapan, strategi, tip sukses, dan analisis dana. Investasi awal dapat diperkirakan di angka 11 juta rupiah, biaya operasional kurang lebih 5 juta rupiah, dan laba per bulan dapat mencapai 900 ribu rupiah. Asumsi produk yang dibuat adalah kartu ucapan (@ Rp.1.500,00), suvenir (@ Rp.2.500,00), tas (@ Rp.7.500,00).
80 pilihan bisnis bisa anda ketahui dalam buku ini. Berbagai informasi dan data rincian keuangan di setiap bahasannya akan sangat bermanfaat bagi anda yang telah memiliki rencana menjadi pebisnis handal.
Load disqus comments

0 comments