Saturday, July 21, 2012

#10 Creative With Microsoft Office Word 2003-2010



Judul Buku: Creative With Microsoft Office Word 2003-2010
Pengarang : Apriyanti Larenta
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2012
Cetakan : I. Mei 2012
Tebal buku : xxvi, 229 halaman
Harga: Rp59.500,-

Buku ini menawarkan beberapa hal baru yang menarik, hingga membuatnya sangat berbeda dari buku Microsoft Office Word pada umumnya. Antara lain, kenyataan bahwa program aplikasi Microsoft Office Word yang bertahun-tahun lebih dikenal sebagai Word Processor, ternyata lewat buku ini dapat diexplore menjadi sebuah program desain. Namun, memang tampak jelas terlihat, itulah kekuatan dari buku-buku yang ditulis oleh Apriyanti Larenta: Selalu bertemakan desain.Lewat buku-bukunya yang berjudul Beautiful Design With Microsoft Word – Tip dan Trik Huruf Untuk Design, Microsoft Word For Design , Microsoft Office Word-Design Processor adalah sangat kental menonjolkan fungsi desain dari Microsoft Office-WORD. Termasuk buku ketiga karyanya, ‘Creative  With Microsoft Office Word 2003-2010’ini. Tak pelak, lewat buku-buku tersebut di atas, terjadi fenomena baru: Aplikasi Office Word bergeser fungsi dari sarana pengolah desain, menjadi sarana penghasil desain.Jadi karya penulis tersebut di atas tergolong unik. Ya, unik! Bayangkan, dari untaian huruf menjelma menjadi desain menarik
Dan kenyataan bahwa,  lewat metode desainnya yang menggunakan “Metode Satu Huruf”, buku ini pun berhasil menjadikan pembuatan desain grafis menjadi sangat mudah bagi setiap orang. Itu hal yang menggembirakan, mengingat selama iniorang mengenal pekerjaan desain grafisadalah hal yang sulit dilakukan, rumit. Sebab memerlukan pengetahuan khusus, dan keahlian tertentu. Hingga membangun image, bahkan untuk desain sederhana pun, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu mengerjakannya! Tapi lewat buku ini, setiap ibu rumah tangga yang mengaku gaptek sekalipun bisa menjadi ‘designer grafis’J! Tinggal mengklik huruf, misal C –Font WMFlowers2 yang berwujud  bunga, lalu dikombinasi dengan huruf C-Font Butterflies yang berwujud kupu-kupu cantik kemudian diuntai dan di susun sedemikian rupa secara manual (maksudnya tak perlu penggunaaan tools tertentu, yang pemahamannya memerlukan pengetahuan teknis secara lebih mendalam)...jadilah desain cantik!

Ditulis dengan bahasa ringan yang mudah dicerna, ditambah  metode desain yang simple yang ditemukan dan dikembangkan oleh penulisnya itu sendiri, Apriyanti Larenta, membuat buku tutorial desain ini sangat mengasyikkan untuk dipelajari. Menjadikan pembacanya bisa lebih fokus pada desain kreatif, daripada sibuk menghafal teori.Karenapembaca bisa langsung praktek pada pembuatan desain. Hanya dengan mengikuti setiap langkahnya, yang diurai secara cermat dan detil dalam bahasa sederhana non teknis. Dan lewat buku ini pula, pembacanya akan diuntungkan lewat pembelajaran tata letak hurufyang disusun secara inspiratif hingga menghasilkan teks dalam wujud desain unik. Yang melalui itupembacanya dilatih untuk mampu menyusun huruf dalam berbagai ‘pose’ dan ‘gaya’. Hingga teks/kalimat tidak lagi menjadi biasa, tapi luar biasa, sebagai Typography Art. Jadi jelas, buku ini sangat beda dari buku-buku tema Microsoft Office Word yang mengupas teks dalam format dokument biasa.

Jadi, buku ini memang wajib dimiliki oleh siapa pun yang ingin menggali kreativitas dalam desain dengan cara mudah, unik dan baru!



Load disqus comments

0 comments