Monday, July 23, 2012

#15 101 Dongeng Tradisional Indonesia


Penyusun           : Raditandra Moe
Penerbit             : Pustaka Rama
Cetakan             : Pertama. 2012
Tebal                   : 336 halaman
Genre                  : Kumpulan cerita, fiksi
Harga                  : Rp 59.000,00

Indonesia memiliki belasan ribu pulau besar maupun kecil yang terbentang pada lebih dari 5 juta km2 wilayahnya. Beratus-ratus suku yang tersebar di Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat menarik untuk kita kenal. Salah satu upaya mengenal kebudayaan asli Indonesia adalah dengan mengenal dongeng-dongeng tradisionalnya. Tiga puluh tiga provinsi di Indonesia memiliki banyak sekali dongeng asli, dongeng yang diceritakan secara turun temurun melalui banyak generasi, dongeng yang tidak dikenal siapa pengarangnya. Setelah beratus-ratus tahun, dongeng-dongeng itu tetap menarik untuk dibaca.
Buku 101 Dongeng Tradisional Indonesia menampilkan 101 dongeng yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia yang disajikan secara berurutan mulai provinsi Aceh hingga Papua. Dimulai dari kisah Ahmad, anak Aceh pemberani yang melawan raksasa Geugasi; Bagaimana terjadinya gunung Merapi yang konon berada di tengah-tengah pulau Jawa, Asal usul ikan khas Kalimantan Timur, yaitu pesut Mahakam; Kisah manusia pertama di pulau Talaud, Sulawesi Utara; hingga asal mula Emas menurut kepercayaan suku Emdra di Papua.
Kisah-kisah menakjubkan ini akan membuat pembaca bertambah kagum akan kekayaan budaya Indonesia.  Juga membawa pembaca dalam petualangan seru keliling Indonesia!
Load disqus comments

6 comments